Oleh : Gurnadi Ridwan
Buku Skill with People karya Les Giblin adalah pedoman untuk
kesuksessan karier, kehidupan berkelurga dan kehidupan sosial yang lebih baik.
Buku ini mengajari kita bagaimana bersikap dan bermasyarakat. Bagaimana membuat
relasi yang baik dengan orang lain.
DAFTAR ISI :
Memahami Manusia #1
Bagaimana Kita Belajar (
dan Membeli )
Memahami Manusia #2
Bagaimana Kita Mengingat
Informasi
Memahami Manusia #3
I.
Memahami Orang dan kodrat
Manusia
II. Cara Terampil untuk Berbicara
dengan Orang
III. Cara Terampil untuk Membuat
Orang Merasa Penting
IV. Cara Terampil untuk Menyetujui
Pendapat Orang
V.
Cara Terampil untuk
Mendengarkan Orang
VI.
Cara Terampil untuk
Mempengaruhi Orang
VII. Cara Terampil untuk Meyakinkan
Orang
VIII. Cara Terampil untuk Membuat
Orang Berkata “YA!”
IX. Cara Terampil untuk Menentukan
Suasana Hati Orang
X. Cara Terampil untuk Memuji
Orang
XI. Cara Terampil untuk Mengkritik
Orang
XII. Cara Terampil untuk Berterima
Kasih pada Orang
XIII. Cara Terampil untuk Menciptakan
Kesan Baik
XIV. Cara Terampil untuk Melakukan
Percakapan
Memahami Manusia #1
Bagaimana Kita Belajar ( dan Membeli )
83% dengan Penglihatan
11% dengan Pendengaran
3 ½ % dengan Penciuman
1 ½ % dengan Sentuhan
1 % dengan Rasa
Memahami Manusia #2
Bagaimana Kita Mengingat Informasi
10 % dari apa yang kita baca
20 % dari apa yang kita dengar
30 % dari apa yang kita lihat
50 % dari apa yang kita lihat dan
dengar
70 % dari apa yang kita katakan
ketika kita bicara
90 % dari apa yang kita katakana
ketika kita melakukan sesuatu
Memahami Manusia #3
Metode instruksi
|
Daya ingat 3 jam kemudian
|
Daya ingat 3 hari kemudian
|
A. Hanya
memberi tahu
|
70%
|
10%
|
B. Hanya
memperlihatkan
|
72%
|
20%
|
C. Memberi tahu dan memperlihatkan
|
85%
|
65%
|
I.
Memahami Orang dan
kodrat Manusia
Orang tertarik pada diri mereka sendiri, bukan pada anda. Dengan
kata lain – orang lain itu sepuluh ribu kali lebih tertari pada dirinya sendiri
dari pada tertarik pada anda.
Pada bab ini, kita akan belajar bagaimana cara terampil
memanajer orang. Hal ini sangat mudah apa bila kita memahami dan bekerja
berdasarkan kodrat manusia.
Jadi sesungguhnya ini
adalah kunci kehidupan bagi anda untuk menyadari bahwa orang terutama tertarik
pada diri mereka sendiri dan bukan pada anda.
II.
Cara Terampil untuk
Berbicara dengan Orang
Ketika anda berbicara dengan
seseorang, ambillah topik yang paling menarik bagi mereka untuk dibicarakan.
Topic yang paling menerik adalah : DIRI MEREKA SENDIRI !
Jadi anda harus menyingkirkan
tiga kata ini dari kosa kata anda : Saya,
Aku dan Miliku. Ganti tiga kata itu dengan satu kata, kata paling penuh
daya yang diucapkan oleh lidah manusia :
“Anda”. Misalnya, “ini berkat
kerja keras ANDA”, “ini untuk ANDA”, “ini akan membuat keluarga ANDA
senang”, “ANDA mendapatkan dua
keuntungan bila melakukan …”, dsb.
Singkatnya--- jika ANDA mengorbankan
keputsan yang ANDA peroleh dari berbicara tentang DIRI ANDA SENDIRI dan yang
ANDA peroleh dari pemakaian kata “saya, aku , miliku “, kecakapan kepribadian
ANDA dan pengaruh serta kekuatan ANDA akan meningkat secara luar biasa. Anda bisa
mengarahkan orang untuk membicarakan diri mereka dengan berkata : “Bagaimana kabar keluarga anda”, Sekarang
Putri anda tinggal dimana?”, dsb. Jadi---
ketika berbicara pada orang lain, bicaralah tentang mereka dan pancilnglah
mereka untuk bicara tentang diri mereka.
III.
Cara Terampil untuk
Membuat Orang Merasa Penting
Bila ingin terampil
dalam menjalin hubungan dengan manusia, pastikan untuk membuat orang lain
merasa penting. Ingatlah, semakain anda
mebuat orang itu merasa penting, semakain besar tanggapan mereka pada anda.
Ini adalah tips bagaimana cara anda mengakui orang dan
membuat mereka merasa penting :
1)
Dengarkan mereka bicara.
2)
Pujilah dan hargai
mereka jika memang perlu dipuji.
3)
Gunakan nama dan foto
mereka sesering mungkin.
4)
Berhentilah sejenak sebelum
anda menjawab, hal ini agar memberi kesan pada mereka bahwa anda sedang
merenungkan apa yang ia tannyakan.
5)
Gunakan kata : “anda” dan “milik anda”.
6)
Sambutlah orang yang
menunggu untuk anda dengan hangat.
7)
Perhatikan setiap orang
didalam kelompok, tidak hanya pemimpin atau pembicara.
IV.
Cara Terampil untuk
Menyetujui Pendapat Orang
Dalam menjalani hubungan yang baik, kita perlu menguasai
seni bersedia atau menyetujui. Orang bodoh dapat saja tidak setuju dengan
perkataan orang lain, tetapi perlu orang bijak, pandai atau orang yang berjiwa
besar untuk menyetujui orang lain.
Ini adalah tips bersedia yang baik agar anda dapat menjalani
bubungan yang lebih harmonis :
1)
Belajar untuk mau
menyetujui orang lain ( gunakan sikap menyetujui).
2)
Katakana pada mereka bahwa
anda setuju dengan mereka ( pandang mereka dan sebagai tanda anda setuju
“anggukan kepala” ).
3)
Jangan katakan pada
orang bila anda tidak setuju dengan mereka, kecualai mutlak perlu.
4)
Akuilah bila anda salah
( kaatkan yang lantang ).
5)
Tahan diri anda untuk
tidak berdebat.
6)
Tanganilah orang yang
berkelahi dengan tepat ( orang yang senang berkelahi hanyalah ingin sebuah
perkelahian, teknik untuk menangani mereka haruslah dengan cara mengabaikan
atau menolak untuk berkelahi, ia akan merasa cemas dan bodoh ).
Alasan dibalik Seni Bersedia adalah :
1)
Orang menyukai mereka
yang setuju dengan pendapat mereka.
2)
Orang tidak menyukai
mereka yang tidak setuju.
3)
Orang tidak suka bila
tidak setuju.
V.
Cara Terampil untuk
Mendengarkan Orang
Seorang pendengar yang baik akan selalu mengalahkan
pembicara yang baik. Akan tetapi, menjadi seorang pemdengar yang baik bukanlah
suatu kebetulan. Ini adalah atauran bagaimana menjadi pendengar yang baik :
1)
Menatap orang yang
sedang berbicara.
2)
Condongkan badan ke si
pembicara dan dengarkan dengan penuh perhatian.
3)
Ajukan pertanyaan.
4)
Ikuti topic sipembicara
dan jangan memotong atau menyela.
5)
Gunakan kata-kata si
pembicara--- “ anda” dan “milik anda”.
Kelima hal tersebut tidak lah lebih dari masalah sopan
santun. Sopan satun tidaklah akan menguntungkan anda seperti halnya
mendengarkan, akan tetapi ini merupakan asset berharga bagi anada dalam
menjalani relasi dengan orang lian.
VI.
Cara Terampil untuk
Mempengaruhi Orang
Langkah besar untuk membuat
orang lain melakukan apa yang kita inginkan adalah dengan mengetahui apa yang
akan membuat mereka melakukannya dan bila anda mengetahui apa yang akan
menggerakan mereka, anda akan mengetahui bagaimana caranya menggerakan mereka.
Ketahulilah apa yang mereka cari, apa yang mereka suka. Maka anda dapat mengerakan mereka dengan mengatakan apa yang ingin mereka dengar. Anda hanya menunjukan bagaimana mereka bisa mendapatkan apa yang mereka inginkan dengan melkukan apa yang anda inginkan mereka laukan. Jangan melakukan kesalahan dengan menyamakan apa yang anda suka, karena setiap orang berbeda.
Saya akan memberikan sebuah contoh : anda adalah seorang
pemimpin disebuah perusahaan, anda ingin merekrut seorang teknisi handal untuk
bekerja di perusahaan anda. Yang harusa anda lakukan adalah mengetahui apa yang
ia inginkan ( naik jabatan, peluang kemajuan atau keamanan ) karena mungkin
perusahaan lain juga menawarkan posisi yang menarik.
Jika ia mencarai amanan, bicarakan tentang keamanan. Jika ia
mencari kemajuan, bicarakan tetntang kemajuan yang lebih tinggi bila ia berada
di perusahaan anda dengan melakukan apa yang anda inginkan.
Metode “Mengetahui apa
yang orang inginkan” adalah dengan cara bertanya, melihat dan mendengarkan mereka. Ditambah usaha anda
untuk mengetahui.
VII.
Cara Terampil untuk
Meyakinkan Orang
Sangat wajar bila orang lain bersikap skeptis dengan anda, jika apa yang anda bicarakan menguntungkan
diri anda. Anda bisa menyiasati hal ini dengan cara tidak membuat pernyataan
itu secara langsung, melainkan mengutip seseorang.
Contoh : jika ada yang menanyakan “apakah produk anda tahan
lama?” : jawabnya adalah “tetangga saya sudah empat tahun menggunakan produk
ini dan sampai sekatrang masih bagus ”. meski tetangga anda tidak ada disamping
anda, seolah ia menjawab pertannyaan itu untuk anda.
Contoh lain adalah : jika anda melamar pekerjaan disebuah
perusahaan dan pemimpin perusahaan menanyakan “ Apakah anda bisa bekerja
dengan baiak diperusahaan ini? ”, anda bisa menjawab “ Teman dan Bos saya,
sangat senagan dengan pekerjaan saya ”.
Orang yang anda ajak
bicara akan lebih terkesan dari pada anda sendiri yang menjawab. Jadi--- Bicaralah lewat orang ketiga !!
VIII.
Cara Terampil untuk
Membuat Orang Berkata “YA!”
Ada banyak cara agar orang berkata “Ya” dengan mantap dan
sangat yakin, bukan karena keberuntungan anda atau keinginan mereka yang
tiba-tiba. Orang yang terampil akan menggunakan cara yang lebih baiak dalam
menyakinkan orang berkata “Ya”.
Berikut ini adalah
metode agar orang mau berkata “Ya”:
1)
Berilah alasan untuk mengatakan Ya kepda anda ( alasan yang akan menguntungkan mereka, bukan menguntungkan
anda ).
2)
Ajukan pertannyaan “Ya”.
Masukan mereka dalam kerangka berfikir “Ya”, dengan
mengajukan 2-3 pertannyaan “Ya” dan jangan lupa anggukkan kepala anda agar
lebih yakin.
Contoh : anda ingin membuat orang tersebut masuk dalam team
anda. Maka anda harus mengajukan pertannayaan.
“Apakan anda ingin memenangankan pertandingan?” ( jawabnya
pasti “Ya”)
“Apakah anda menginginkan team yang solit?” ( jawabnya pasti
“Ya”)
Dan “Pastikan anda bergabung dengan team kami, apakah anda
mau?”
3)
Berikan orang pilihan diantara dua “Ya”.
Keterampilnnya adalah membuat mereka memilih antara
melakukan apa yang anda inginkan dengan cara ini atau dengan cara lain.
Contoh : Misalnya anda ingin bertemu dosen?
“Apakah sore ini adalah waktu yang baik, Pak Oky. Ataukah
anda lebih senang esok pagi atau sore?” ( anda memberikan Pak Oky sebuah
pilihan waktu untuk menemui anda ).
Yang buruk adalah “Apakan saya bisa bertemu dengan anda hari
ini, Pak Oky?”
Metode
ini belum tentu berhasil setiap saat, tapi dengan metode ini anda akan jauh
lebih berhasil dari pada memberikan orang dua pilihan, antara ya dan tidak.
4)
Mengharapkan orang mengatakan “ya” kepada anda dan biarkan mereka tahu mereka diharapkan
mengatakan ya.
IX.
Cara Terampil untuk
Menentukan Suasana Hati Orang
Anda
dapat membuat 9-10 orang sopan, kooperatif dan bersahabat dengan anda dalam 1
detik! ( dengan keajaiban yang sama ) dengan cara :
1)
Dengan mengingat bahwa
beberapa detik pertama dari suatu hubungan, karena biasanya beberapa detik
pertama dapat menentukan suasana dan sifat hubungan itu kedepan.
2)
Dalam detik pertama,
saat anda pertama kali melakukan kontak mata denga orang. Sebelum mengatakan
sesuatu. Sebelum memecah kesunyian--- BERIKAN SENYUM TULUS ANDA PADANYA.
Ketrampilan
ini adalah kemampuan bagaimana anda menentukan atmosfir dan suasana hati orang.
Kuncinya terletak pada waktu--- tersenyum, anda bisa memulai senyuman sebelum
anda memecah kesunyian. Jangan lupa nada suara dan espresi waja anda dan anda
bisa melakukannya untuk mendapatkan keuntungan.
X.
Cara Terampil untuk
Memuji Orang
Manusia hidup tidak
hanya dengan memakan nasi. Mereka juga perlu memakan santapan jiwa seperti
halnya tubuh. Bayangkan jika kata manis dan pujian diberikan kepada anda?.
Orang lain juga akan bereaksi persis seperti anda.
Bermurah
hatilah dengan pujian anda. Carilah seseorang dan sesuatu untuk dipuji dan
kemudian lakukanlah.
Tetapi :
1) Pujian
anda harus tulus
2) Puji
perbuatannya bukan orangnya.
Contoh
: “Pekerjaanmu minggu kemarin sangat luar biasa, John”.
Bukan “ John kau oaring yang luar
biasa “.
XI.
Cara Terampil untuk
Mengkritik Orang
Kunci
kritik yang berhasil adalah terletak pada jiwa kritikan itu. Jika anda
mengkritik untuk menjatuhkan orang lain, menjejealkan sepenggal gagasan anda
atau untuk memperingatkan orang, lebih baik tidak uasah anda lakukan. Karena
hal itu akan membuat anda tidak disenangi orang. Tapi jika anda dapat
menggritik dengan menggunakan cara yang tepat anda akan terlihat pintar dan
membangun. Ini adalah 7 aturan untuk mengktritik dengan tepat :
1)
Jangan pernah mengkritik
didepan umum.
2)
Mulailah kritik dengan
kata atau pujian yang baik.
3)
Buatlah kritikan itu
impersonal--- kritiklah perbuatannya bukan orangnya.
4)
Sediakan jawaban sebagai
pengganti dari apa yang anda kritiki ( jawaban yang seharusnya/ solusinya ).
5)
Minta kerja sama bukan
menuntutnya ( menuntut adalah cara terakhir ).
6)
Satu keritikan untuk
sebuah pelanggaran.
7)
Akhiri kritik dengan
perkataan yang bersahabat.
Bukan dengan “kamu sudah
ditegur dan salah, sekarang perbaiki perbuatanmu”.
XII.
Cara Terampil untuk
Berterima Kasih pada Orang
Ini
adalah 5 cara seni mengatakan “Terima kasih”.
1)
Ketika anda mengatakan
terimakasih katakana dengan sunggug-sungguh.
2)
Katakana dengan jelas
dan tanpa ragu.
3)
Pandanglah orang yang
anda beri ucapan terimakasih.
4)
Sebutkan namanya ketika
mengucapkan terima kasih.
5)
Bekerja dengan berterima
kasih pada orang.
XIII.
Cara Terampil untuk
Menciptakan Kesan Baik
Banggalah pada diri anda ( tapi tidak
sombong ), pada siapa anda, apa yang anda
lakukan, dimana anda bekerja. Jangan menyesali posisi anda dalam hidup
atau diri anda sendiri. Anda adalah anda--- jadi kendalikan diri anda dengan
bangga dan terhormat.
Contoh
: jika anda adalah penjual asuransi, janganlah anda menjawab. “ Oh, saya cuman sales asursnsi”. Mereka
tidak akan terkesan dengan anda karena anda saja tidak bangga pada diri anda
sendiri. Akan tetapi haruslah anda jawab dengan “ Saya sangat beruntung bisa bekerja di salah satu perusahaan terbaik
di negeri ini, The Blank Insurnce Co”. Anda akan terlihat lebih terhormat
dan berkesan.
Untuk
mengatasi masalah ini, anda bisa memulai dengan :
1)
Bersikap tulus.
2)
Menunjukan antusiasme.
3)
Jangan terlalu cemas.
4)
Jangan berusaha
membangun diri anda dengan menghambat orang lain.
5)
Jangan memukul siapa pun
atau apa pun.
XIV.
Cara Terampil untuk
Melakukan Percakapan
Ini
adalah 5 cara agar anda menjadi pembicara yang menarik dan baik :
1)
Ketahuilah apa yang ingin anda katakana ( jika anda tidak tau apa yang anda ingin katakana
janganlah membuka mulut anda).
2)
Katakanlah dan duduklah
( singkat, langsung kepokok masalah dan duduk, karena tidak seorang pun pernah
dikritik karena sedikit berbicara ).
3)
Pandanglah pendengar sewaktu anda bicara.
4)
Bicarakanlah apa yang menarik minat pendengar ( mengatakan apa yang ingin mereka dengar ).
5)
Janganlah berusaha membuat sebuah pidato ( katakana apa yang anda ingin katakana, dengan alami dan
wajar ).
4 komentar:
Terimah kasih atas blog ini, saya sangat bersyukur menemui blog ini, sangat membantu
Mantab
Sangat membantu, terimakasih!
Alhamdulilah... Luar biasa biasa
Posting Komentar