Selasa, 03 September 2013

Latihan Otak oleh : Tim Powe Brain Indonesia



Pendahuluan

Taukan anda, fakta membuktikan bahwa manusia hanya menggunakan tidak lebih dari 10%  kapasitas Otak. Jika seseorang dapat menggunakan 100%, apa yang terjadi?
·        Kita bisa menguasai 8 bahasa penting yang ada di dunia.
·        Kita bisa mengingat 3 buku telpon, dimana terdapat 5000 nama-nama beserta nomer telponnya, dll.

Disini saya juga ingin menjelaskan bahwa, secara anatomi tidak terdapat peerbedaan anatomi antara otak kita dengan seorang Albert Einstein. Karena permasalahannya adalah kita tidak sadar bahwa kita tidak tau akan kemampuan otak kita sebenarnya dan kita jarang sekali melatih otak kita secara teratur.


Latihan-latihan
1.      Asosiasi Persamaan

Buatlah asosiasi persamaan dari kedua gambar, contoh : sama-sama berwarna hijau.
Petunjuk :
Umur 5-10 tahun : menjawab 8 jawaban.
Umur 10-15 tahun : menjawab 10 jawaban.
Umur >15 tahun : menjawab 12 jawaban.

2.      Asosiasi Perbedaan

 






 














Buatlah asosiasi perbedaan dari kedua gambar, contoh : Gemuk dan kurus, berrambut dan botak.
Petunjuk :
Umur 5-10 tahun : menjawab 8 jawaban.
Umur 10-15 tahun : menjawab 10 jawaban.
Umur >15 tahun : menjawab 12 jawaban.

3.      Daya Ingat
Hafalkan kata-kata dibawah ini ( waktu menghafal 5 menit ). Setelah itu tuliskan nama :
Orang tua anda/ istri anda, Saudara kandung anda, Kakak-adik anda, Kakek dari ayah dan ibu anda, Nenek dari ayah dan ibu anda, dalam dua menit. Selanjutnya tulis apa yang anda hapal dalam 2 menit sesuai urutan.

Ø      Meja
Ø      Televisi
Ø      Kursi
Ø      Penghapus
Ø      Piring
Ø      Kaca
Ø      Kipas angin
Ø      Tempat sampah

Petunjuk :
Umur 5-10 tahun : menjawab 6 kata.
Umur 10-15 tahun : menjawab 8 kata.
Umur >15 tahun : menjawab 10 kata.


4.      Konsentrasi
Minta teman anda untuk membaca deret anggka, setelah teman anda membaca satu deret angka maka anda menyebutkan kembali. Anda bisa mengulang 3 x, jika masih gagal disanalah level anda.
Deret angka
2,8,7,5
5,7,3,2,9
9,7,4,8,6,3
2,3,5,2,1,9,6
1,4,8,9,6,5,3,2 

5.      KeseimbanganOtak Kanan-KiriDalam latihan ini, bagi yang bisa menggunakan tanggan kanan gunakan tanggan kiri anda, sedangkan yang menggunakan tangan kiri gunakan tanggan kanan anda. Gambar contoh dibawah ini, jika sudah selesai gunakan dengan kedua tanngan.


6.      Koordinasi
Untuk melatih koordinasi, ambil kertas yang sudah diremas-remas. Lempar kertas tersebut kedalam keranjang ( anda bisa meningkatkan jaraknya untuk menaikan tingkatan kesulitannya ).
Petunjuk
Umur 5-10 tahun : 2 meter
Umur 10-15 tahun : 3 meter
Umur >15 tahun : 4 meter

7.      Kecerdasan Inter dan Intrapersonal
Tuliskan nama teman-teman anda beserta sifat-sifatnya ( sebanyak-banyaknya ).

8.      Kecerdasan Verbal
Ambil puisi atau teks lagu yang anda suka ( sesuai selera ). Ketentuan teks tersebut harus lebih dari 30 kata. Tugas anda adalah menghapalnya. “Selamat menghapal”

9.      Kecerdasan Spasial : Strereognosis
Sediakan beberapa benda-benda minimal 5 ( uang logam, korek, kapas, kunci, kancing ). Dengan mata tertutup coba kenali masing-masing benda tersebut dengan meraba menggunakan telapak tanngan. Semakin banyak benda yang anda kenal semakin baik

10.  Daya Ingat
Hafalkan kata-kata dibawah ini ( waktu menghafal 5 menit ). Setelah itu tuliskan kegiatan anda pada hari ini dalam dua menit. Selanjutnya tulis apa yang anda hapal dalam 2 menit sesuai urutan.
Ø      Nasi
Ø      Bakul
Ø      Music
Ø      Teater
Ø      Jasa
Ø      Guru
Ø      Suka
Ø      Membaca
Ø      Cerah
Ø      Balok

Petunjuk :
Umur 5-10 tahun : menjawab 6 kata.
Umur 10-15 tahun : menjawab 8 kata.
Umur >15 tahun : menjawab 10 kata.

11.  Kecerdasan Musikal
Dengarkan dua buah lagu klasik ( W.A Mozart) kemudian tulislah kesan anda terhadap lagu tersebut dalam kalimat yang panjang tidak lebih dari lima kata.
Contoh : keduanya membuat perasaanku lebih tenang. 

12. Keseimbangan Otak Kanan-Kiri

Tuliskan nama :
a.       Anda
b.      Orang tua anda/ istri anda
c.       Saudara kandung
d.      Teman/ Anak-anak
e.       Kakek dari ayah dan ibu anda
f.        Nenek dari ayah dan ibu anda.

Dengan ketentuan :
-         Poin a,c,e gunakan tanggan kiri.
-         Dan b,d,f gunakan tanggan kanan anda.

13.  Kordinasi
Untuk melatih koordinasi, ambil kertas yang sudah diremas-remas. Lempar kertas tersebut kedalam keranjang ( anda bisa meningkatkan jaraknya untuk menaikan tingkatan kesulitannya ), dan lakukan latihan ini dengan diiringi music klasik.
Petunjuk
Umur 5-10 tahun : 2 meter
Umur 10-15 tahun : 3 meter
Umur >15 tahun : 4 meter

14.  Intrapersonal
Buatlah daftar yang berisi semua sifat baik dan potensi yang anda punya. Lakukan latihan ini dengan diiringi music klasik. 

15.  Asosiasi Persamaan
Buatlah asosiasi persamaan dari kata Globe dan donat.
Petunjuk :
Umur 5-10 tahun : menjawab 8 jawaban.
Umur 10-15 tahun : menjawab 10 jawaban.
Umur >15 tahun : menjawab 12 jawaban.

16.  Asosiasi Perbedaan
Buatlah perbedaan dari kata sendok dan garpu.
Petunjuk :
Umur 5-10 tahun : menjawab 8 jawaban.
Umur 10-15 tahun : menjawab 10 jawaban.
Umur >15 tahun : menjawab 12 jawaban.

17.  Kecerdasan Musikal
Untuk hari ini bacalah biografi singkat dari komponis besar kegemaran anda, seperti Mozart atau Beethoven.

18.  KeseimbanganOtak Kanan-Kiri
Untuk hari ini gunakan tangan kanan anda ( untuk yang kiri ) dan gunakan tangan kiri anda ( untuk yang kanan ). Contoh : sendok di tangan kiri, garpu di tangan kana..
19.  Konsentrasi
Ambil setumpuk kartu remi, kocok kartu tersebut didepan anda, dan perlihatkanlah satu persatu dengan kecepatan satu detik dan konstan : misal setiap bilangan ganjil Love anda harus menghentakan kaki. 
20.  Kecerdasan Intrapersonal
Mulai hari ini, data semua tanggal lahir teman-teman anda, ucapkan selamat pada mereka dengan hati yang tulus dan diiringi dengan music klasik.
21.  Daya Ingat
Hari ini Minggu. Semua berjalan santai dan menyenangkan : tidak ada keharusan datang pukul 07.00 pagi ; atau teriak-teriak yang menyuruhku untuk mengejar bis yang hanya memperlambat jalannya. Tidak ada janji yang ku buat hari ini. Dan yang pasti satu-satunya cara yang menyenangkan yang sudah terjadwal dalam pikiranku adalah TIDUR!.
Petunjuk
·        Saat ini :
ü      Carilah kata kunci yang memuat tema pokok dari paragraf diatas.
ü      Buatlah dua kata tambahan yang dapat membantu mengingat seluruh paragraf diatas.
·        Kemudian hafalkan kata kunci dan dua kata tambahan.
·        Lalu enam jam kemudian, berdasarkan kata kunci dan kata tambahan. Ceritakan kembali paragraph diatas sesuai dengan versi dan kemampuan anda.

22.  Kecerdasan Verbal
Cari kata-kata yang memiliki arti yang sama dengan kata :
“ SENANG ”
Petunjuk :
Umur 5-10 tahun : menjawab 3 kata yang artinya sama.
Umur 10-15 tahun : menjawab 5 kata yang artinya sama.
Umur >15 tahun : menjawab 7 kata yang artinya sama.

23.  Kecerdasan Spasial
Diamanapun anda berada, perhatikan keadaan disekeliling anda, cari lima macam benda dan perhatikan/ amati. Kemudian tuliskan 5 macam benda dan lokasinya di kertas. Lalu tutup kedua mata anda. Kemudian anda bayangkan keadaan lingkungan anda terakhir dan bayangkan 5 benda-benda yang anda catat. Dengan mata tertutup bayangkan ke-5 benda tersebut sedang berpindah ( secara imajiner ) dari suatu tempat ketempat lain ( pilih tempat yang anda suka ). Kemudian buka mata anda dan tuliskan di kertas posisi kekelima macam benda itu sekerang.
Latihan ini akan lebih baik bila diiringi dengan music klasik.   
24.  Fungsi Keseimbangan

Berdiri dengan keadaan tegak dan rapatkan kedua kaki anda. Tangan kiri memegang bahu kanan dan tangan kanan memegang bahu kiri. Pejamkan kedua mata. Berhitunglah dalam 60 detik.

25.  Daya Ingat

Hafalkan kata-kata tersebut beserta warna hurufnya.

Bendera
Penggaris
Mobil
Buku
Gedung

26.  Konsentrasi

Minta tolong kepada salah seorang teman anda untuk membacakan deret kata dibawah ini secara jelas dan perlahan. Setelan ia selesai membaca deret kata secara urut, maka tugas anda adalah mengulanginya secara berurut pula. Anda bisa mengulang 3 x, jika masih gagal disanalah kemampuan maksimal anda.

Ø      Bubur nasi
Ø      Makanan cepat saji
Ø      Motor andi merah hati
Ø      Hari minggu bermaian bola kaki
Ø      Budi sekolah diantar mobil papih mamih.
Ø      Libur sekolah pergi kerumah kakek di Kuningan
Ø      Bermaian sepedah bersama ani sambil melihat matahari terbenam.

Ketentuan
< 5 tahun : menjawab 4 kata.
5-10tahun : menjawab 5 kata.
>10 tahun : menjawab 6 kata.

27.  Kecerdasan Musikal

Buatlah rekaman suara ibu anda. Rekaman tidak perlu panjang-panjang cukup 5 menit saja. kemudian dengarkanlah suara ibu anda tersebut melalui headphone.

Catatan
Bila karena hal lain anda tidak bisa merekam suara ibu anda, maka sebagai gantinya, rekam suara orang yang anda saying atau ganti dengan lagu Mozart atau Gregorian.

28.  Kecerdasan Naturalis

Amati lingkungan disekitar tempat tinggal anda, lalu sebutkan :
Ø      3-5 jenis hewan yang tidak sengaja lewat didepan rumah anda.
Ø      3-5 jenis tumbuhan yang ada diperkarangan rumah anda.
Bila nama-nama yang anda kumpulkan kurang, anda bisa bertannya pada orang rumah.

29.  Kecerdasan Eksistensial

Untuk 5-10 tahun.
Buatlah doa sebelum tidur ( permohonan dan harapan ) dan muali saat ini ucapkan doa tersebut :

Untuk 10-15 tahun
Tulislah secara ringkas ajaran agama anda yang anda ketahui dalam 5 menit. Sipakan kertas tersebut dan setiap bulannya tambah catatan yang belum anda tulis.

Untuk +> 15 tahun
Tulislah secara ringkas ajaran agama anda yang anda ketahui dalam 5 menit. Sipakan kertas tersebut dan setiap bulannya tambah catatan yang belum anda tulis.

30.  Kreativitas Fungsi Otak : Kecerdasan Verbal : kecerdasan Musikal

Tulislah hal-hal apa saja yang terlintas dalam pikiran anda jika anda mendengar kata :
“BELAJAR”

Petunjuk :
Umur 5-10 tahun : menjawab 5 jawaban.
Umur 10-15 tahun : menjawab 8 jawaban.
Umur >15 tahun : menjawab 10 jawaban.

31.  ( Pada Bulan Tertentu)
Pilih salah satu latiahan yang dimana anda kurang optimal pada latihan tersebut.

0 komentar:

Posting Komentar